Senin, September 27, 2021

Dinas Koperasi dan UKM Palopo Latih Puluhan Warga Buat Gula Aren Jadi Gula Semut

Populer

PALOPO, Linisiar.id – Pelatihan peningkatan kapasitas Koperasi dan UKM-PK2UKM pada kegiatan pemahaman dan pengetahuan perkoperasian (Pelatihan Pembuatan Gula Aren Menjadi Gula Semut) DAK Non Fisik Tahun Anggaran 2021 dilaksanakan di RT.003/ RW.001 Kelurahan Kambo, Selasa 14 September 2021

Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Palopo Asmuradi Budi, ST.MEnvMan dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan ini diharapkan petani gula aren mampu menghasilkan produk turunan, meningkatkan nilai ekonomi dari produk gula aren, mengubah pola pikir masyarakat petani aren terhadap suatu inovasi dalam pembuatan dan pengemasan suatu produk yang dihasilkan.

Serta memberi pengetahuan baru dalam menumbuhkan semangat masyarakat setempat, utamanya petani gula aren untuk meningkatkan kondisi ekonomi mereka.

Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta dari pelaku usaha mikro yang ada di Kota Palopo dan kegiatan dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 13-15 September 2021.

Sementara itu, mewakili Walikota Palopo, Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Setda Kota Palopo, Dr. dr. H.M. Ishaq Iskandar, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan gula semut adalah gula merah versi bubuk dan sering pula disebut orang sebagai gula kristal.

“Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yang bersarang di tanah,” katanya.

Bahan dasar untuk membuat gula semut adalah dari gula merah, yang asalnya dari pohon kelapa dan pohon nira. Jadi secara umum gula semut hanya disebut sebagai palm sugar.

Pemasaran gula semut bisa menembus pasar nasional bahkan pasar internasional. Sehingga diharapkan dapat menjadi motivasi untuk para usahawan menjadi lebih semangat menambah wawasan dan keterampilannya.

“Marilah bersama-sama kita bahu-membahu membulatkan tekad dalam rangka mengembangkan kewirausahaan di Kota Palopo ini, sehingga mampu meningkatkan daya saing sumber daya manusia yang ada di kota ini,” katanya. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru