Sabtu, Oktober 16, 2021

Dema IAIN Palopo Gandeng Moderasi Beragama, Sukses Gelar Dialog Interaktif

Populer

Palopo, Linisiar.id – Mengantisipasi gerakan aliran Wahabi melalui kebudayaan, maka pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (Dema IAIN) Palopo kolaborasi dengan Moderasi Beragama gelar dialong interaktif.

Rumah Moderasi Beragama dan Dema IAIN Palopo bersinergi melaksanakan kuliah umum interaktif, dengan mengusung tema “Moderasi Beragama dan Kebudayaan tanah Luwu” yang dimoderatori oleh Rustan Darwis, S.H, M.H. Lokasi Auditorium Phinisi IAIN Palopo, Kamis (16/9/2021).

“Moderasi beragama adalah memposisikan cara beragama secara proporsional. Proporsional dalam artian ber-Islam secara wasathiyah,” ungkap Rektor IAIN Palopo dalam sambutannya.

Dr. Saprillah Syahrir, M.Si selaku kepala Balitbang Agama Makassar hadir sebagai narasumber pada kuliah umum yang juga dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Palopo, para wakil rektor, pimpinan fakultas, OKP, beserta lembaga kemahasiswaan Se-Kota Palopo dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Banyak hal yang disampaikan narasumber dalam diskusi tersebut, diantaranya “Menyalahkan kebudayaan yang dianggap bertentangan dengan Islam, berarti punya landasan kuat. Namun ketika tak mampu mejewantahkan soal titik sesatnya budaya dan tradisi, berarti monoton dalam mengkaji.”

Muhaimin Ilyas selaku Presma IAIN Palopo saat ditemui awak media mengatakan, kuliah umum ini sengaja di;aksanakan secara blended learning.

Artinya ada yang menyaksikan secara langsung dan ada yang secara virtual, guna menghindari penyebaran Covid-19. (Ayub Sadega)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru