Jumat, Oktober 22, 2021

Bupati Luwu: Pelaku UMKM Harus Punya Trik-trik Khusus Hadapi Persaingan   

Populer

Luwu, Linisiar.id – Pemerintah Kabupaten Luwu terus melakukan berbagai langkah untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka menumbuhkan kembali geliat perekonomian di Kabupaten Luwu.

Melalui Pekan Produk UMKM, Pemerintah Kabupaten Luwu merangkaikan sejumlah kegiatan, salah satunya adalah sosialisasi Fasilitasi Pengembangan Ekonomi Kreatif yang dilaksanakan di Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Barambing, Desa Buntu Kunyi Kecamatan Suli, Rabu (29/9/2021).

Dengan mengangkat tema “Potensi dan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi”, kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh para pelaku UMKM dan camat se- Kabupaten Luwu.

Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang yang membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut mengatakan, pelaku UMKM harus jeli dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dimasa pandemi Covid-19 yang membuat perekonomian merosot.

“Kita pahami bersama, persaingan usaha semakin ketat, sehingga diperlukan trik-trik khusus untuk bisa tetap bertahan didalamnya. Dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju maka harus pula dibarengi dengan kreatifitas peningkatan usaha, salah satunya adalah bagaimana menerapkan konsep digitalisasi dalam usaha kita,” kata H Basmin Mattayang.

Menurut Bupati, pemerintah saat ini telah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menumbuh dan mengembangkan UMKM yang pada akhirnya mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi, khususnya di Kabupaten Luwu.

“Pada pekan produk UMKM, banyak unsur yang terlibat serta berkolaborasi termasuk perbankan, BUMN dan BUMD dengan tujuan menumbuhkan produk lokal sehingga UMKM makin tangguh dan Kabupaten Luwu makin maju,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan, Since Erna Lamba yang juga merupakan salah seorang narasumber, menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Kabupaten Luwu, adalah upaya bagaimana bisa membangkitkan UMKM-UMKM yang ada diseluruh wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Seperti konsep bapak Plt Gubernur Sulsel, untuk melakukan pemberdayaan ekonomi kereatif yang ada di level masyarakat kita, salah satu yang memegang peran adalah UMKM. Dimana dalam kondisi pandemi Covid-19 ini dibutuhkan sinergi semua unsur lapisan masyarakat,”  jelas Since Erna Lamba.

Evaluasi juga dilakukan lewat pameran Pekan Produk UMKM untuk menolong agar produk-produk UMKM ini, selain dikenal bisa juga dibeli oleh masyarakat.

“Jadi kegiatan Pekan Produk UMKM ini sangat bagus dimana akan menopang pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten Luwu,” ucap Since. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru