Senin, Mei 23, 2022

Bupati Lutra Hadiri Pengukuhan Tomakaka Masamba Ke-29 H Aidar Idrus Lapapa

Populer

LUWU UTARA, LINISIAR.ID — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menghadiri pengukuhan Tomakaka Masamba Ke-29 H Aidar Idrus Lapapa, oleh Sri Paduka Datu Luwu Andi Maradang Mackulau Opu Daeng Bau. Pengukuhan dilaksanakan di Rumah Adat Katokoan Ketomakakaan Masamba, Kemakolean Baebunta, Kamis, 17 Maret 2022.

Dalam sambutannya, Indah menyampaikan, pengukuhan Tomakaka Masamba merupakan salah satu peristiwa yang tidak setiap saat ditemui. Iapun mengaku, ini kali pertama dirinya menyaksikan pengukuhan Tomakaka Masamba.

“Apa yang kita saksikan hari ini adalah upaya kita untuk menghormati keberadaan adat, khususnya di wilayah Masamba, Luwu Utara, sekaligus menjadi bagian dalam upaya kita melestarikan tiga tungguh yang selama ini dihargai dan dilaksanakan juga dirasakan manfaatnya,” ujarnya.

“Tiga tungguh itu adalah pemerintah, agama dan kehadiran adat didalamnya. Oleh karena itu, kami sampaikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras menghadirkan kegiatan yang kita laksanakan hari ini,” sambungnya lagi.

Ia mengungkapkan, apa yang dilakukan ini kelak akan menjadi warisan kepada anak cucu, betapa Ketomakaan Masamba masih eksis dan selalu hadir untuk menjanjikan semangat persatuan dan kesatuan.

“Kita titip harapan kepada Puang Tomakaka Masamba, semoga dapat menjadi pioner dalam menjaga nilai, terutama nilai adat sosial dan nilai norma agama yang positif berlaku di tengah kita,” harapnya.

“Kehadiran kita pada hari ini juga diharapkan menjadi doa, terutama bagi Puang Tomakaka Masamba, selalu diberikan kekuatan dan kemampuan untuk memimpin dan mengawal Pangandaran dalam wilayah adat Ketomakaan Masamba,” tuturnya.

Turut hadir, Wakil Bupati Lutra, Sekretaris Daerah Lutra, Ketua DPRD Lutra, Kapolres Lutra, Ketua KPU Lutra, Ketua Bawaslu Lutra, Pemangku Adat Setana Luwu, dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Lutra. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru