Senin, April 12, 2021

BPN Gelar Rakor Gugus Tugas Reformasi Agraria, Pemkot Palopo Apresiasi dan Beri Dukungan

Populer

PALOPO, Linisiar.id – Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kota Palopo Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Pertanahan Kota Palopo berlangsung di Hotel Value Kota Palopo, Selasa 30 Maret 2021.

Panitia Pelaksana Marwah menyampaikan, Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kota Palopo diikuti oleh 49 peserta yakni tim gugus reforma agraria dan tim pelaksana harian gugus tugas reformasi agraria.

Maksud kegiatan ini untuk mengundang narasumber yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan objek yang ada di Kota Palopo.

Hasil dari kegiatan ini adalah kesepahaman dan kesepakatan bersama arah kebijakan dan penanganan akses reforma agraria.

Setelah dilakukan rapat, maka dilakukan pengumpulan data sekunder dari beberapa instansi kemudian dilakukan observasi di lapangan di beberapa kelurahan.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Palopo Didik Purnomo, S.ST, M.Si menyampaikan, banyak permasalahan di Kota Palopo yang selama ini mungkin luput dari pengamatan. Hal inilah yang akan kita perbaiki bersama dengan seluruh stakeholder terkait.

“Luar biasa sambutan dari masyarakat Kota Palopo dan juga OPD, semoga apa yang akan kita lakukan bersama ini dapat berjalan dengan baik,” katanya.

“Tentu sudah ada beberapa hal yang sudah kita amati dan bersama akan kita analisis, sehingga kita dapat mencarikan solusi seperti apa penataan dari Kota Palopo,” tambahnya.

Ada beberapa permasalahan terkait dengan pemanfaatan tidak sesuai dengan dari apa yang kita rencanakan. Tentu ini kita harus kolaborasi dengan pemerintah terkait secara detail tata ruang.

Mewakili Walikota Palopo, dalam hal ini Asisten I Setda Kota Palopo Drs. H. Burhan Nurdin, M.Si saat membuka acara menyampaikan, pemerintah mengapresiasi program yang akan dilakukan oleh BPN Kota Palopo.

Seluruh perangkat daerah terkait juga harus mendukung program ini untuk mengurangi persoalan kepemilikan tanah baik antar lembaga maupun antar masyarakat.

Inilah permasalahan yang banyak dialami di Kota Palopo banyak persoalan sebelumnya yang harus kita tata, sehingga seluruh aspek dapat kita perbaiki.

Oleh karena itu, kepastian tata ruang yang terimplementasi pada setiap bidang tanah memberikan transparansi akses dan menata kembali struktur pertanahan yang lebih berkeadilan. Disertai akses untuk mewujudkan Kota Palopo khususnya yang ramah lingkungan.

Pada rapat koordinasi ini dapat menjadi perhatian seluruh tim gugus reforma agraria untuk dilakukan identifikasi kendala, dan akar permasalahan dalam bidang agraria dan pertanahan sehingga dapat memperoleh solusi untuk menumbuhkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Palopo.

Kolaborasi dan koordinasi yang terjalin baik bersama pemerintah dan stakeholder terkait dapat menentramkan masyarakat, karena yakin akan perlindungan oleh pengaturan pertanahan dari negara.

Rapat ini dihadiri sejumlah pimpinan perangkat daerah Kota Palopo, camat, dan lurah. (*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru