Senin, April 12, 2021

Bappeda Sinjai Gelar Bimtek Penyusunan Kamus SIPD

Populer

SINJAI, LINISIAR.ID – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sinjai melaksanakan Bimbingan Teknik (Bimtek) penyusunan kamus Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Bimtek diikuti oleh Kasubag Program masing-masing OPD Lingkup Pemkab Sinjai berlangsung di Aula Pertemuan Bappeda Sinjai, Senin, (18/1/2021) pagi.

Plt Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib mengatakan, bimtek tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pencerahan dan bimbingan kepada kasubag program terkait penerapan pengelolaan data dan informasi, penyusunan, monitoring serta evaluasi dokumen rencana pembangunan daerah secara elektronik, melalui SIPD.

“Kami sengaja mengundang seluruh kasubag program dari seluruh perangkat daerah untuk bagaimana menyamakan persepsi dalam penyusunan kamus SIPD,” ungkap Irwan.

Selain itu, bimtek ini digelar dalam rangka persiapan pelaksanaan tahapan Musrenbang RKPD. Nantinya, kata Irwan setiap desa, kelurahan maupun kecamatan akan melakukan pengimputan usulan-usulan musrenbang melalui SIPD.

“Karena ini merupakan sistem yang baru sehingga kami melakukan Bimtek yang singkat dan sederhana guna menyamakan satu persepsi untuk memperlancar dan mempercepat proses pembuatan kamus ini,” ujarnya.

Irwan menjelaskan bahwa, SIPD ini merupakan sistem dari Kemendagri yang mendokumentasikan, mengadministrasikan serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan.

“Jadi mulai dari proses perencanaan maupun sampai tahap evaluasi pertanggung jawaban ada dalam SIPD ini, sehingga dalam proses perencanaan ini tentunya kita hanya menyiapkan menu kepada desa kelurahan, kecamatan maupun DPRD,” jelas Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai ini.(*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru