Selasa, Desember 7, 2021

Andi Sudirman Sebut Alat HFNC Tangani Pasien Covid-19 Dapat Apresiasi Pusat

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Penanganan Covid-19 di Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali mendapat pengakuan secara nasional. Kali ini pujian dilontarkan oleh beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Apresiasi itu, kata Andi Sudirman Sulaiman, atas upaya menekan dan penanganan pandemi Covid-19. Salah satunya, pengadaan alat High Flow Nadal Cannula (HFNC), alat untuk membantu pernapasan oksigen aliran tinggi yang dibeli sendiri oleh Pemprov Sulsel.

HFNC ini nantinya akan ditempatkan di ruangan ICU rumah sakit. Dengan kehadiran alat ini, pasien tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator invasif untuk mencegah gagal napas dan hipoksia.

“Alhamdulillah, Pak Menko dan Pak Menkes mendukung langkah kami dan mengakui, bahwa tolonglah provinsi lain itu di luar Jawa Bali mencontoh Sulsel. Salah satunya, menghadirkan alat HFNC untuk menurunkan nilai BOR ruang ICU,” kata Andi Sudirman, Minggu (15/8/2021).

Inovasi lainnya, yakni hadirnya Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT) yang menjadi tempat isolasi bagi pasien positif Covid-19 tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan. FIT merupakan rumah sakit darurat (rumah sakit lapangan) yang diampuh oleh Rumah Sakit Provinsi Sulsel.

“Jadi silahkan saudara-saudara kita mau memilih apakah di FIT 1 Asrama Haji Sudiang, FIT 2 BPSDM Sulsel. Syaratnya memiliki bukti hasil swab PCR positif tanpa gejala atau gejala ringan,” pungkasnya.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru