Flyover Makassar Akan Diberlakukan Buka Tutup Untuk Pengerjaan Tol Layang

MAKASSAR, Linisiar.id – Flyover di Jalan Raya Urip Sumoharjo, Makassar, Sulsel akan diberlakukan buka tutup dalam beberapa hari. Sistem buka tutup diberlakukan guna pengerjaan Jalan Tol Layang A.P Pettarani.

Rekayasa lalu lintas untuk pemberlakuan sistem buka tutup di flyover Jalan Raya Urip Sumoharjo, dipaparkan Manajer Safety and Traffic PT Wika Beton, Alex Muhajirin di kantor pelaksana proyek Design and Construction Ujung Pandang Toll Road Section 3, Makassar, Selasa (8/10/2019).Pembangunan tol layang AP Pettarani, sudah memasuki pemasangan box girder pada Pier (P) 8 dan 9. P8 dan P9 ini, tepatnya berada di atas jembatan layang (fly over).

Pengerjaan ini, akan dimulai pada Kamis (10/9/2019) mendatang. Pemasangan box girder, akan memakan waktu lima hari hingga melewati fly over.


Karena pemasangan box girder tepat di atas fly over, maka akan dilakukan rekayasa terbatas, atau penutupan sementara fly over. Penutupan jalan juga dilakukan di bawah fly over.

“Yang jadi perhatian, yakni lajur kendaraan dari Pettarani. Kemudian dari arah fly over,” kata Manajer safety dan traffic Wika Beton, Alex Muhajirin, Selasa (8/10/2019).

Namun, kata dia, arus lalu lintas di fly over, tetap akan dibuka di jam-jam tertentu. Fly over akan dibuka pada pukul 06.00-08.00 pagi. Kemudian pukul 12.00-13.00 siang. Dan pukul 17.00-19.00 malam.

“Jadi penutupan arus lalu lintasnya tidak 24 jam, ada buka-tutup. Karena launchingnya Kamis pagi sampai malam, kami mempersiapkan penutupan, karena butuh waktu juga. Jadi jalan bawah fly over, Kamis malam penutupan ful menggunakan MCB (moveable concrete barrier),” tambahnya.

Berikut penerapan rekayasa lalin dampak penutupan Flyover Urip Sumoharjo:

1. Jalan AP Pettarani menuju Jalan Bawaraja Timur (Rappokaling);

Lalu lintas dari arah Jalan A.P Pettarani menuju Jalan Barawaja Timur (Rappokaling) akan diarahkan lurus dan masuk ke dalam Tol Reformasi untuk selanjutnya dibelokkan ke kanan menyeberangi Tol Reformasi (arah gedung Keuangan). Selanjutnya lalu lintas akan diteruskan belok ke kiri menuju Jalan Bawaraja.

2. Jalan A.P Pettarani menuju Jalan Urip Sumoharjo (sebelah timur flyover atau arah Kantor Gubernur);

Lalu lintas dari Jalan A.P Pettarani yang hendak menuju Jalan Urip Sumoharjo sebelah timur Flyover (arah Kantor Gubernur Sulsel) akan diarahkan lurus melintasi kolong Flyover untuk selanjutnya masuk ke dalam Tol Reformasi dan putar balik di depan Gedung Keuangan. Selanjutnya lalu lintas akan dibelokkan ke kiri ke arah Jalan Urip Sumoharjo (timur) sebelum Flyover.

3. Jalan Urip Sumoharjo (sebelah barat flyover) menuju Jalan Urip Sumoharjo (sebelah timur flyover atau arah Kantor Gubernur Sulsel);

Lalu lintas dari arah Jalan Raya Urip Sumoharjo (sebelah barat Flyover) yang hendak menuju Jalan Raya Urip Sumoharjo (sebelah timur flyover atau arah Kantor Gubernur Sulsel) akan dibelokkan ke kiri menuju masuk ke dalam Tol Reformasi dan selanjutnya putar balik di depan Gedung Keuangan (area Tol Reformasi).

Selanjutnya kendaraan akan belok ke kiri sebelum flyover menuju Jalan Urip Sumoharjo arah Kantor Gubernur Sulsel.

4. Jalan Urip Sumoharjo (sebelah barat flyover) menuju Jalan Bawaraja (Rappokaling);

Lalu lintas dari Jalan Urip Sumoharjo (sebelah barat flyover) yang hendak menuju Jalan Bawaraja Timur akan dibelokkan ke kiri menuju masuk ke dalam Tol Reformasi untuk selanjutnya putar balik ke kanan di dalam Tol Reformasi (area STA 0-150) menuju jalan A.P Pettarani.

Selanjutnya kendaraan akan kembali putar balik ke kiri di bawah JPO menuju Jalan Bawaraja.

5. Jalan Urip Sumoharjo (sebelah timur flyover atau dari arah Kantor Gubernur Sulsel) menuju Jalan Urip Sumoharjo (sebelah barat flyover).

Lalu lintas dari Jalan Urip Sumoharjo (arah Kantor Gubernur Sulsel) menuju Jalan Urip Sumoharjo (sebelah barat flyover) akan dibelokkan ke kiri sebelum flyover menuju Jalan A.P Pettarani untuk nantinya memutar balik ke kanan di depan Perumahan The Mutiara.

Selanjutnya lalin akan dirahkan belok ke kiri sebelum flyover menuju Jalan Urip Sumoharjo (sebelah barat flyover).

Petugas akan melakukan opsi rekayasa lalu lintas lainnya jika terjadi kemacetan cukup parah dari rekayasa lalu lintas di atas. Warga juga diminta untuk sebisanya menghindari area Flyover Urip Sumoharjo.