BPBD Palopo Diminta Evakuasi Warga Sekitar Lokasi Longsor

Wali Kota Palopo, Drs. H. Muh. Judas Amir, MH, bersama Kapolres Kota Palopo, AKBP Alfian Nurnas, dan Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf Gunawan, memantau dapur umum di lokasi bencana longsor di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Sabtu, (27/6/2020)

PALOPO, LINISIAR.ID – Wali Kota Palopo,  Drs. H. Muh. Judas Amir, MH, bersama Kapolres Kota Palopo, AKBP Alfian Nurnas, dan Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf Gunawan, memantau dapur umum di lokasi bencana longsor di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Sabtu, (27/6/2020).

Judas Amir meminta BPBD Palopo fokus pada evakuasi warga di sekitar titik longsor dan tidak dibolehkan ada warga yang bertahan tinggal di sekitar lokasi longsor karena dikhawatirkan kondisi tanah masih labih sehingga rawan terjadi longsor susulan.

“Yang diperlukan saat ini adalah keberlangsungan hidup masyarakat sekitar (longsor). Tetap suplai konsumsi (bahan makanan) bagi masyarakat yang terdampak,” kata Judas.

Berita terkait :

Dalam kunjungan ke lokasi longsor, Wali Kota Palopo didampingi Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza, Kepala Dinas Sosial, Awaluddin.

Kepala BPBD Palopo, Antonius, Kabag Humas Setda Kota Palopo, Wahyudin, Camat Wara Barat, dan Lurah Battang Barat.

TNI-Polri Bantu Bersihkan Material Longsoran

Pasca bencana longsor yang memutus akses jalan poros Palopo-Toraja itu, tim gabungan dari BPBD, TNI, dan Polri, melakukan pemindahan material longsor yang menutupi badan jalan.

Sebelumnya, longsor kembali terjadi di Kelurahan Battang Barat pada Jumat (26/6/2020) sore pukul Pukul 16.46 WITA.

Tidak ada korban jiwa maupun luka pada peristiwa tersebut. Namun sebanyak 9 rumah warga terdampak parah karena ada yang amblas dan rusak akibat tertimpa material longsoran.

Sepekan sebelumnya, longsor terjadi di lokasi yang sama sama namun tidak separah bencana yang sama terjadi pada Jumat sore 26 Juni 2020. Longsor juga dipicu curah hujan yang tinggi selama beberapa hari.(*)