Bapenda Palopo Beryukur, Kebijakan Walikota Mampu Redam Penurunan PAD

Kepala Bapenda Palopo, Abd Waris

PALOPO, LINISIAR.ID – Target penerimaan PAD Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo meleset dalam beberapa bulan terakhir karena sejumlah kegiatan perekonomian rakyat terdampak Covid-19.

Meski demikian, capaian penerimaan dari sejumlah item PAD yang dikelola Bapenda tidak menunjukkan penurunan signifikan meskipun dibandingkan dengan capaian tahun 2019 di bulan-bulan yang sama.

Kepala Bapenda Palopo Abd Waris mengatakan, capaian PAD Rp 15 miliar masih lebih baik di masa pandemi ini meski sejumlah target Bapenda belum tercapai dari yang direncanakan.

“Target kita memang meleset karena pengaruh dari pandemi Covid-19, makanya kita ada perubahan target,” katanya, Jumat 19 Juni 2020.

Memang jika dibandingkan dengan penerimaan sampai 30 Mei 2019 tahun lalu, penerimaan Bapenda Palopo mengalami penurunan.

Tetapi, situasi perekonomian nasional yang angka rata-ratanya hingga di kwartal II yang hampir berakhir hanya berada di kisaran 2,97%.

“Kue pertumbuhan ekonomi nasional saja hanya 2,97%, kita beruntung di Palopo, berkat kebijakan dari bapak Walikota dan Pemprov serta Pusat, secara ekonomi guncangannya masih bisa diredam, salah satunya lewat jaring pengaman sosial dan kebijakan fiskal lainnya,” terang Waris.

Ia berharap, pasca New Normal, 11 pajak dan 2 retribusi daerah yang dikelola Bapenda Palopo akan berangsur pulih dan membaik.(*)