Zaenal Beta Berharap Seluruh Stakeholder Malakukan Pemetaan Area Bebas Rokok

MAKASSAR, Linisiar.id – Anggota DPRD Makassar, Zaenal Dg Beta sosialisasikan peraturan perundang-undangan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2013 terkait Kawasan Tanpa Rokok, di hadapan warga, Jl Banta-bantaeng lr 8, RW 04, RT 07 Kelurahan, Banta-bantaeng, Kecamatan Rappocini, Sabtu (23/11/2019).

Hadir sebagai narasber, Saharuddin, S.Sos, Baharuddin M Dg.Lallo, SH, Fachrul Walinono Zaenal, SE

Dalam pemaparannya, Zaenal Beta menilai penerapan Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 Tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok belum maksimal. Namun, hal tersebut dapat dimaklumi.


Karena menurutnya, Makassar yang merupakan kota metropolitan dengan masyarakat yang cukup banyak dan beragam bukan hal mudah untuk melakukan pelarang merokok di area tertentu. Apalagi dengan kondisi masyarakat yang hampir setiap aktivitasnya dilakukan sambil merokok.

“Dengan kondisi kota makassar yang luasan 175,77 km persegi dengan jumlah penduduk kurang lebih 1,7 tidak gampang terutama untuk dinas kesehatan melakukan pelarangan merokok.

“Saya melihat pelaksaannya masih minim sekali, makanya kenapa saya pilih perda ini untuk saya sosialisasikan,” ungkapnya.

Dengan demikian, dia berharap seluruh stakeholder terkait dapat melakukan pemetaan area bebas merokok dibeberapa publik space hingga perusahaan.

“Jadi akhirnya orang-orang sadar bahwa memang kita (perokok) tidak boleh merokok didalam ruangan, memang merokok di out door,” tuturnya. (*)