Wali Kota Makassar Paparkan Indi 4.0 di Forum Nasional Direktur

MAKASSAR, Linisiar.id – Forum Nasional Direktur 2019 yang digelar PT Quality Indonesia secara resmi dibuka penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb di hotel Mercure Hotel, Selasa (26/11/2019).

Forum Nasional Direktur diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan organisasi di Indonesia agar siap menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Karena itu untuk mematangkan roadmap program strategis nasional ini, diluncurkan INDI 4.0: Indonesia Industry 4.0 Readiness Index yaitu sebuah program terobosan untuk mengukur kesiapan organisasi dalam menghadapi perubahan di era RI 4.0.


Menurut Iqbal di era industri sekarang ini program INDI 4.0 masih belum berjalan sepenuhnya di Indonesia.

“Hal ini memang perlu dimaklumi mengingat Indonesia adalah negara besar, dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia setelah Cina, India, dan United State,” ucapnya.

Menurutnya persaingan INDI 4.0 antar negara akan terus berkembang secara parsial dengan dimotori oleh anak-anak muda.

“Makassar saat ini mendekati revolusi industri 4.0 yang sebagian besar dimotori oleh anak-anak muda yang tidak terpaku pada sistem sehingga saat bersaing di industri start up jauh lebih bagus,” ujarnya.

Peserta dalam forum ini diikuti sebanyak 13 orang dari berbagai perusahaan di Makassar, dalam forum ini mereka akan dibekali pengetahuan bagaimana memajukan organisasi sehingga menjadi lebih efisien, produktif dan berdaya saing tinggi di era 4.0.