Tingkatkan Keahlian, 80 Siswa SMKN Kolaka Utara Praktik Lapang di Makassar

Sejumlah siswa SMKN 1 Pakue Tengah, Kolaka Utara, sementara melakukkan praktik lapang. otomotif.

MAKASSAR, Linisiar.id – Sebanyak 80 orang siswa SMKN 1 Pakeu Tengah, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, mengikuti praktik lapang di Kota Makassar.

Mereka disebar di puluhan industri multi sektor, guna meningkatkan pengetahuan yang telah mereka miliki di bangku sekolah.

Kepala Sekolah SMKN 1 Pakeu Tengah, Alimuddin, mengatakan, praktik yang berlangsung tiga bulan tersebut diikuti para siswa dari Jurusan Otomotif, Tata Busana. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH).


“Terima kasih untuk para pihak yang telah menerima siswa kami melakukan praktik lapang. Saya juga mengimbau para siswa  memanfaatkan dengan baik kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keahliannya,” kata Alimuddin di Makassar, Sabtu (16/11/2019).

Salah satu lokasi praktik lapang siswa SMKN 1 Pakeu Tengah tersebut adalah Bengkel Supra Honda Center Motor di Jalan Landak, Makassar.

Pemiliknya, Novianingsih Paulus mengatakan, pihaknya mendidik para siswa otomotif tersebut dengan memberikan pengetahuan teknik mengatasi masalah yang dialami kendaraan bermotor.

“Ada tiga siswa di sini, yang kami berikan pengetahuan dengan penerapan kedisplinan. Penilaian kami, siswa tersebut mengikuti praktik dengan baik,” katanya.

Menurutnya, pihaknya berharap kerjasama terus terjalin dan akan tetap membuka peluang praktik lapang dengan SMKN 1 Pakue Tengah, Kolaka Utara.

Tempat praktik lainnya, Nurul Konveksi di Jalan Manuruki 2 Makassar. Terdapat lima siswi Jurusan Tata Busana yang berparktik di tempat tersebut.

Pemilik Nurul Konveksi, Sabaruddin, mengatakan, para siswa yang berpraktik rata-rata sudah memiliki keahlian jahit dasar.

“Di sini mereka mempelajari semua hal tentang jahit menjahit. Saya kira semua sudah bisa. Memang belum ahli, tapi sudah bisa,” katanya.

Sementara, salah satu siswi yang praktik di konveksi tersebut, Rusni, mengaku, sudah bisa menjahit dengan lebih baik setelah praktek empat bulan di Nurul Konveksi Makassar.

Menurutnya, banyak teknik jahit baru yang dipelajarinya, dan ia menyatakan siap mengaplikasikan keterampilan tersebut saat kembali ke Kolaka Utara nantinya.

Selain otomotif dan konveksi, SMKN 1 Pakue Tengah, Kolaka Utara, juga menempatkan siswanya di gerai selular.

Terdapat 29 orang siswa yang sementara mengikuti praktik lapang pada berbagai gerai di MTC Karebosi. (*)