Teladani Sifat Nabi Muhammad SAW, Pesan Iqbal Suhaeb di Maulid Tradisional Bahari

MAKASSAR, Linisiar.id – Memperingati perayaan maulid Nabi Muhammad SAW berbagai kegiatan dihelat oleh masyarakat. Perlombaan bakul maulid mewarnai peringatan tersebut.

Pemandangan bakul maulid yang dihias meriah oleh masyarakat juga nampak di Pelabuhan Paotere, Sabtu (30/11/2019).

Maulid tradisional bahari dengan tema kita tingkatkan ukhuwah islamiyah bersama pemerintah dan masyarakat menuju insan yang bermartabat ini dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Djamaluddin Iqbal, tokoh masyarakat Munafri Arifuddin dan Nasran Mone, Camat Ujung Tanah Andi Unru beserta lurah se kecamatan Ujung Tanah.


Dalam sambutannya, Iqbal meminta agar masyarakat meneladani sifat Nabi Muhammad SAW, menjadikannya acuan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hakikat maulid itu kita diminta untuk melihat sejarah lahirnya Nabi Muhammad SAW, bagaimana nabi memperlakukan istri dan keluarganya juga orang di sekitarnya. Tauladan nabi inilah yang kiranya dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Iqbal.

Ditambahkannya pula, perayaan maulid ini sebagai wadah silaturahmi antar warga. Oleh karena itu, momentum ini dimamfaatkan untuk menguatkan tali persaudaraan di antara semuanya.

“Kita semua berkumpul di sini untuk bersama merayakan maulid. Saya berharap kekompakan merias bakul maulid juga diterapkan di kehidupan bermasyarakat. Pemantau terbaik di lingkungan adalah tetangga. Dialah CCTV yang paling ampuh menjaga kita bersama keluarga,” tambahnya.

Maulid tradisional bahari ini juga diisi tauziah dengan tema “Pentingnya Menjaga Adab” yang disampaikan oleh Ustaz Anshar Tamanggong yang dilanjutkan dengan penampilan hiburan artis Aty Kodong serta penyerahan hadiah lomba bakul maulid oleh Penjabat Wali Kota Iqbal Suhaeb.