SYL dan Pisang Goreng di Konawe Selatan

KENDARI, Linisiar.id – Para penyuluh pertanian di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Angata, Kab Konawe Selatan sontak berebut swafoto bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau akrab dipanggil SYL.

Sang menteri pun dengan santai dan ramah menerima permintaan staf nya yang berebut foto. Mentan SYL memang sengaja memberi kejutan bagi mereka, dengan membelokkan kendaraan dinasnya di kantor BPP Angata yang tak terlalu besar itu, sabtu (2/11).

Sambil menikmati pisang goreng hangat, SYL bercerita tentang pengalamannya menjadi kepala daerah, dan program kerjanya dalam 100 hari.


“Saya pastikan kalian para penyuluh akan menjadi kopassus bagi Kementan. Terdepan melayani dan membina petani,” kata SYL.

Menurutnya, penyuluh adalah wajah bagi para petaninya. Maka penyuluh harus lebih pintar dan kaya dari petani, karena menjadi contoh teladan dan wajah kesejahteraan petani.

SYL mengatakan dirinya sedang menyiapkan Komando Strategis Pertanian dengan teknologi yang canggih, agar mudah memonitor kinerja penyuluh. Bahkan pelatihan online serentak bagi penyuluh dan petani bisa dilakukan seketika dan serentak.

“Kalian tinggal tunggu pemberitahuan, kapan waktunya. Nanti tinggal nonton videonya dari sini,” lanjut SYL yang disambut tepuk tangan penyuluh yang hadir.

Pertemuan ini memang tidak lama, namun memberikan semangat bagi para penyuluh. Mereka tidak menyangka pimpinan tertinggi Kementan, mau datang sekedar ngobrol dan makan pisang goreng bersama mereka.

“Selamat bekerja Pak SYL. Kami menunggu gebrakan Bapak bagi penyuluh dan petani. Bapaknya ramah, kami senang sekali,” sebut seorang penyuluh senior yang tidak mau disebut namanya. (*)