Bayar Denda Tilang Bisa Lewat Grab

Kepala Kejaksaan Negeri Makassar, Nurni Farahyanti.

MAKASSAR, Linisiar.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Salah satunya menggandeng perusahaan ojek online Grab.

Kerjasama ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran denda tilang melalui sistem elektoronik.

“Pembayaran tilang berbasis online melalui aplikasi Grab ini lahir dari keprihatinan kita terhadap antrian tilang yang sangat menyita waktu dan tenaga masyarakat. Inovasi tersebut sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik sekaligus mewujudkan birokrasi bersih melayani,” kata Kepala Kejari Makassar, Nurni Farahyanti.


Selain itu, kapasitas dan halaman kantor yang kurang memadai juga menjadi dasar yang kuat perlunya inovasi dalam pelayan yang nyaman dan prima di Kejari makassar.

“Kita memberikan solusi sehingga kita bekerja sama dengan Grab dalam hal pembayaran tilang. Ini salah satu untuk mencari kemudahan di dalam melakukan pembayaran denda tilang. Jadi masyarakat tidak perlu berdesak-desakan di kantor kejaksaan, tidak perlu lagi lama antri, hanya menunggu di rumah saja,” tambahnya.

Sementara itu Presiden Public Affair Grab Indonesia Akmal Chaer Sudirman, mengatakan, Grab sebagai Super Aps terus berupaya berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada konsumen dan juga membantu program pemerintah dalam penyelenggaraan negara yang good governance, yaitu pemerintahan yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab.

“Kreativitas Kajari dan Grab merupakan pengembangan ide baru, dan inovasi dalam proses penerapan ide tersebut secara nyata ke dalam praktik adalah kolaborasi melalui Program Grab Simpel dalam layanan Grab Express Nalangin,” kata Akmal.

Ia menambakan dengan adanya sinergitas yang baik antara Grab dengan pemerintah dalam hal ini Kajari makassar perlu dikembangkan sampai ke tingkat nasional.

“Program ini tentu perlu didorong sampai ke tingkat nasional dan ini adalah sebuah inovasi dan prestasi bagi Kejari makassar dalam mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik dan saling berkesinambungan,” pungkas Akmal. (*)