Raker Fraksi PKS Makassar, Bahas Agenda Perjuangan di Parlemen

Ketua Fraksi PKS DPRD Makassar, Andi Hadi Ibrahim.

MAKASSAR, Linisiar.id – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Kota Makassar, dalam waktu dekat akan segera menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan seluruh kader PKS yang terpilih sebagai anggota DPRD Kota Makassar periode 2019-2024.

Ketua Fraksi PKS Makassar, Andi Hadi Ibrahim mengatakan, Raker tersebut digelar dalam rangka memberikan pemahaman terkait tugas dan fungsi kedewanan.

Apalagi kader yang lolos di DPRD Makassar asal PKS didominasi oleh wajah baru. Sehingga memang dianggap perlu agar mereka mengetahui tugas dan fungsi masing-masing saat ditempatkan di komisi-komisi pun alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya.


Ia mengaku jika agenda Raker tersebut merupakan instruksi dari Presiden PKS Sohibul Iman, guna membekali ilmu kepada para legislator, agar bisa bekerja secara efisien selama lima tahun kedepan.

“Teman-teman yang tergolong baru di DPRD ini kan tentu belum mengetahui banyak terkait apa fungsi dan keberadaan mereka di komisi. Sehingga kami diberikan arahan untuk menggelar raker untuk lingkup fraksi PKS,” ucap Andi Hadi Ibrahim, di Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS, Jalan Abdullah Daeng Sirua, Rabu (2/10).

Rencananya, lanjut Hadi, raker tersebut dijadwalkan akan digelar akhir Oktober, usai pendaftaran bakal calon Wali Kota Makassar.

“Pematerinya adalah orang-orang yang berpengalaman, seperti legilsator PKS di DPRD Sulsel Sri Rahmi, kemudian nanti kita juga akan panggil orang pemerintahan dan akademisi untuk melihat apa-apa yang perlu kita benahi di Makassar ini. Karena banyak yang perlu dibenahi, namun belum terlalu diekspos,” katanya.

Sementara itu, untuk penempatan AKD bagi anggota fraksi PKS, Andi Hadi mengatakan sudah menyelesaikan atau membahasnya di internal fraksi.

Rencananya, surat penempatan AKD tersebut akan dikirim ke Sekretariat DPRD usai pembahasan revisi tata tertib DPRD.

Selain itu, fraksi PKS dalam waktu dekat juga akan bergerak untuk kemanusiaan dengan melakukan aksi sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah yang terjadi di Wamena, Papua.

“Kami di fraksi PKS dalam waktu dekat akan menggalang pendanaan dan membantu saudara kita di Wamena. Baik bantuan doa atau apapun yang bisa kita bantu,” pungkasnya.

Sementara itu, Fraksi PKS di DPRD Sulsel sendiri mengawali aktifitas rutin parlemen telah menggelar rapat kerja, di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga, Senin (30/9) lalu.

“Periode ini, DPP melakukan penguatan di fraksi. Bahkan untuk periode ini ada aturan khusus yang dikeluarkan DPP tentang pengelolaan fraksi. Dengan adanya raker ini diharapkan kerja-kerja kami bisa terukur selama lima tahun kedepan,” ujar Ketua Fraksi PKS DPRD Sulsel, Sri Rahmi, Rabu (2/10).

Menurutnya, fraksi adalah perwakilan struktur di DPRD, sehingga banyak hal telah disepakati untuk menjadi agenda perjuangan PKS selama lima tahun di parlemen.

“Salah satu hal yang menjadi prioritas adalah dibidang pendidikan,” katanya.

Raker fraksi PKS DPRD Sulsel ini dihadiri oleh semua anggota fraksi dan wakil ketua DPW PKS Sulsel, Amri Arsyid didampingi Ketua Polhukam dan Bendahara DPW PKS Sulsel.

Sri Rahmi berharap, kehadiran fraksi PKS di DPRD Sulsel bisa memberikan kontribusi maksimal terhadap pembangunan di Sulsel.

“Apalagi dengan 8 kursi, serta menempati kursi pimpinan di DPRD, kami harus memastikan diri bahwa anggota DPRD PKS berada di barisan depan mengawal kebijakan pemerintah yang pro rakyat. Untuk agenda-agenda kebaikan, kami harus dukung, tapi jika menyimpang, PKS ada untuk meluruskan. Untuk itu, perwajahan fraksi PKS DPRD Sulsel ke depan, kami rangkum dalam sebuah taglineĀ  ‘Smart, Kritis, Solutif, Konstruktif’,” tutup dia.