PSM Takluk dari Persebaya Dengan Skor 2-3

Foto: Pachemindstore/linisiar.id

Linisiar.id – PSM Makassar kembali menambah predikat tidak pernah menang di kandang lawan setelah mengalami kekalahan 2-3 dari Persebaya Surabaya, dalam laga tunda Liga 1 2019.

Bertanding di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (14/11), tiga gol kemenangan Persebaya dicetak David da Silva (26′, 51′) dan Diogo Campos (68′). Sementara tim asuhan Darije Kalezic hanya mampu membalas lewat gol Rizky Pellu (39′) dan Amido Balde (80′).

Juku Eja nyaris mencetak gol penyama kedudukan menjelang laga bubar, tapi penalti Marc Klok di penghujung laga berhasil ditepis Miswar Saputra. Persebaya pun tetap menang 3-2.


Meski menang, tim asuhan Aji Santoso tak beranjak dari posisi ke-11 klasemen Liga 1 2019 dengan perolehan 35 poin dari 27 laga. Sedangkan PSM juga tetap bertahan di peringkat ke-9 dengan 36 poin dari 26 pertandingan.

Jalannya pertandingan

Bermain tanpa dukungan Bonek di stadion, Persebaya tetap tampil menyerang. Mereka unggul lebih dulu di babak pertama.

Gol diciptakan Persebaya di menit ke-26. Berawal dari umpan Oktafianus Fernando, David da Silva bisa menyelesaikannya dengan tendangan jarak jauh. Bola sempat membentur kaki bek PSM, Aaron Evans, sebelum berubah arah dan mengecoh kiper Rivky Mokodompit. Persebaya memimpin 1-0.

Kebobolan satu gol tak membuat PSM patah semangat. Mereka sukses menyamakan kedudukan di menit ke-39.

Menerima umpan dari Aji Kurniawan, Rizky Pellu melepaskan tembakan keras dari sisi kanan yang tak mampu diselamatkan kiper Bajul Ijo, Miswar Saputra. Skor imbang ini bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Persebaya kembali mengambil inisiatif menyerang. Hasilnya, mereka sukses menambah gol di menit ke-51.

Usai menerima umpan terobosan dari Aryn Williams, dengan sekali kontrol bola, David da Silva kemudian melepaskan sepakan keras yang sukses menjebol gawang PSM untuk kedua kalinya.

Dalam keadaan tertinggal, PSM kembali berusaha mencari gol balasan. Marc Klok mempunyai kans bagus di menit ke-57, namun sepakan bebasnya masih mampu dimentahkan Miswar.

Alih-alih menyamakan kedudukan, PSM kembali kebobolan di menit ke-68. Berawal dari handball Pellu di kotak penalti, wasit menunjuk titik putih. Ferdinand Sinaga dkk memprotes keputusan itu, namun wasit kukuh pada keputusannya. Diogo Campos, yang maju sebagai eksekutor, sukses melaksanakan tugasnya dengan baik.

Tertinggal dua gol, Juku Eja belum menyerah. Pada menit ke-80, Amido Balde berhasil memperkecil ketertinggalan usai sundulannya berhasil menaklukkan Miswar.

Upaya PSM membawa pulang satu poin terbuka lebar di menit ke-88. Pelanggaran Andri Muliadi kepada Fedinand Sinaga di kotak terlarang membuat wasit memberikan hadiah penalti. Namun sepakan Marc Klok yang menjadi eksekutor berhasil ditepis oleh MIswar.

Skor 3-2 untuk Persebaya pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Susunan pemain

Persebaya: Miswar Saputra, Andri Muladi, Mokhamad Syaifuddin, Novan Setya Sasongko, Ruben Karel Sanadi, Aryn Williams, Misbakus Solikin, Rendi Saputra (M Hidayat 68′), David da Silva, Diogo Campos, Oktafianus Fernando.

PSM Makassar: Rivky Mokodompit, Aaron Evans, Beny Wahyudi, M Aji Kurniawan, Munhar, Taufik Hidayat, Marc Klok, Rizky Eka Pratama, Rasyid Bakri, Rizky Pellu, Ferdinand Sinaga.