PSM Makassar Bungkam Persipura 4-0

Foto: Pachemindstore/linisiar.id

MAKASSAR, Linisiar.id – PSM Makassar berhasil mengemas poin penuh dengan menaklukkan Persipura Jayapura pada lanjutan pertandingan Liga 1 2019 Senin (18/11), dengan skor 4-0.

Berlaga di Stadion Andi Mattalatta, Senin (18/11/2019), PSM sukses empat kali menggetarkan jala Persipura. Gol-gol tuan rumah diciptakan oleh Ezra Walian, Rizky Eka Pratama, Amido Balde serta Ferdinand Sinaga.

Tambahan tiga angka membuat PSM naik satu tingkat ke urutan ke-8. Mereka mengumpulkan 39 poin dari 27 laga.


Sementara bagi Persipura, kegagalan meraih angka di laga ini memaksa mereka gagal memangkas jarak dengan Bali United di puncak klasemen.

Pasukan Jackson F. Thiago menempati posisi kedua dengan 44 angka. Mereka terpaut 13 angka dari Bali United.

Babak Pertama

Kedua tim bermain dengan cukup hati-hati di awal babak pertama, Persipura mendapatkan peluang melalui tembakan keras Todd Ferre di menity keenam saat dia berhasil lolos dari jebakan offside. Namun, masih ada Hasim Kipuw yang melakukan blok.

Satu menit kemudian PSM membalas melalui kesempatan tendangan bebas yang berhasil disundul oleh Amido Balde. Namun, sundulan pemain yang berasal Guinea-Bissau ini masih melambung tinggi.

PSM akhirnya membuka skor, berawal dari kegagalan Ricardo Salampessy dalam mengontrol bola di menit ke-13. Ezra Walian berhasil mencuri bola dan kemudian menembak bola dengan keras tanpa bisa dijangkau kiper.

Persipura mencoba membalas melalui umpan tendangan bebas yang berhasil dikontrol Inkyun Oh satu menit kemudian. Namun, ternyata bola justru melaju mendekati kiper PSM.

Di menit ke-21, Gunansar Mandowen melakukan aksi individual yang luar biasa. Dia berhasil melewati tiga orang pemain lawan. Sayang, bola tidak segera diumpan sehingga bisa dicuri bek Persipura.

Satu menit kemudian, Persipura mendapatkan peluang dari tembakan bebas dari sudut yang sangat ideal. Sayang, tembakan Ferre masih gagal melewati pagar hidup PSM.

Tekanan dari PSM menurun setelah setengah jam permainan, hal ini coba dimanfaatkan Persipura. Hanya saja mereka masih kesulitan untuk memasuki kotak penalti dan bola hanya berkutat di lapangan tengah saja.

Laga sempat dihentikan selama kurang lebih dua menit saat Balde dan Salampessy saling bertabrakan di lapangan. Saat dilanjutkan, PSM langsung mencetak gol lewat situasi kemelut di menit ke-35. Bola tembakan voli keras dari Rizky Eka membuat tuan rumah unggul dua gol.

Di menit akhir, tembakan bebas dari Persipura yang dilakukan oleh Ferre masih gagal menjadi gol karena mendapatkan blok dari Rivky Mokodompit. Dari situasi itu, PSM mendapatkan kesempatan menekan balik cepat.

Dari umpan Rizky Pellu, Balde menyelesaikan peluang matang menjadi gol di-47. PSM mengakhiri laga babak pertama dengan skor 3-0.

Babak Kedua

Persipura meningkatkan intensitas serangan demi memperkecil kedudukan di awal babak. Namun, penampilan Aaron Evans saat menghalau serangan lawan sangat bagus.

Balde mendapatkan peluang emas di menit ke-65, peluang tersebut diawali dari penetrasi Taufik Hidayat dari sisi kiri, hanya saja sundulan striker tinggi jangkung itu masih melebar.

Di menit ke-74 Tinus Bonai mendapatkan peluang dari sepakan jarak jauh. Namun bola yang dia lepaskan masih melambung tinggi di atas mistar.

Tiga menit kemudian, Eka mencoba menambah skor untuk tuan rumah. Hanya saja sepakan dia juga melambung.

Tembakan jarak jauh juga dilepaskan oleh Rizky Pellu di menit ke-84, tetapi tembakan keras tersebut masih menerpa tiang gawang. Bola rebound sempat mampir di kaki Eka, sayang dia memilih mengumpan dan usahanya itu gagal.

Di menit akhir, PSM memungkasi pertandingan dengan gol yang dibuat oleh Ferdinand Sinaga setelah dia berhasil membelokkan bola. PSM unggul 4-0 di laga ini.

Susunan Pemain
PSM Makassar
Rivky Mokodompit, Beny Wahyudi, Hasim Kipuw, Aaron Evans, Taufik Hidayat, Marc Klok, Rasyid Bakri, Rizky Pellu, M Rizkt Eka Pratama, Amido Balde, Ezra Walian

Cadangan: Arip Kurniawan, Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun, Rahmat Syamsudin, M Arfan, Rapha Maitimo, Hilmansyah.

Persipura
Dede Sulaiman, Anis Tjoe, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Tinus Pae, M Tahir, Ian Kabes, Oh In Kyun, Titus Bonai, Gunansar Mandowen, Todd Ferre

Cadangan: Ronaldo Wanma, Immanuel Wanggai, Patrick Womsiwor, Israel Wamiau, Valentino Telaubun, Boaz Solossa, Mario Londok