Peringati Satu Dekade KPA SKALA, Wabup Irwan Motivasi Pemuda Selalu Berinovasi.

LUWU TIMUR, Linisiar.id – Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam, mengajak pemuda Balai Kembang Mangkutana untuk bergerak dengan menghasilkan beragam inovasi untuk memajukan peradaban bangsa.

Pasalnya, masa depan Luwu Timur berada di tangan generasi muda yang siap berkompetisi di tingkat global. Irwan berharap, pemuda-pemudi tidak ragu melangkah dan melawan segala bentuk tantangan dengan karya nyata.

“Adik adik pemuda, gerbang kita telah terbuka. Saya yakin pemuda yang hadir malam ini sadar di hatinya masing-masing, ke mana kita ingin melangkah,” kata Irwan saat menjadi pemateri dalam acara milad satu dekade KPA SKALA, Mangkutana, Sabtu (23/11/2019).


Ia mengaku sangat siap menjadi perwakilan generasi muda milenial ke bawah, yang akan membuka berbagai kesempatan bagi generasi muda Indonesia terkhusus untuk Luwu Timur.

Menurutnya, generasi muda tidak akan ragu dan bingung dalam menjawab tantangan masa depan bangsa. Ia menegaskan, pemuda harus terus melangkah dan tidak menunggu dunia berubah.

Diam menjadi satu-satunya kegagalan bagi generasi muda untuk bisa bersaing. Kesuksesan hanya bisa dicapai dengan kerja keras dan terus berkreasi dalam menghadapi semua tantangan.

“Kita mungkin tersandung-sandung, kita mungkin jatuh, tapi kita tidak akan tiba di tujuan kalau kita tidak melangkah bersama. Dunia ini ada di tanganmu. Asal kita berani melangkah, kita tak akan pernah kalah. Salam pemuda,” katanya.

Peringatan Milad 1 dekade KPA SKALA mengangkat tema “Eksistensi Organisasi Kepemudaan dalam Upaya Pelestarian Lingkungan”.

Irwan menegaskan, selain berkarakter moral dan kinerja yang tangguh, pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni.

“Pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” ujarnya.

Orang nomor 2 di Luwu Timur ini menyimpulkan bahwa untuk mewujudkan pelestarian lingkungan yang sesuai dengan tema, dibutuhkan pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu berbagi kepada sesama.

Tujuan pembangunan di samping membentuk manusia Indonesia seutuhnya juga mengatasi dan menjaga agar sumber daya alam dan lingkungan tetap lestari.

“Untuk itu peran penting pemuda terkhusus Anggota KPA SKALA adalah mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga agar tidak merusak lingkungan, memelihara dan mengembangkan agar sebagai sumber daya alam tetap tersedia,” pungkasnya. (*)