Pegadaian Makassar Targetkan Salurkan Pembiayaan Rp19,7 Triliun

Kahar Karun Kalla Kepala Seksi PKBL & CSR Kanwil VI PT Pegadaian (Persero) (kiri) bersama Muh Idris Mappakaya Syar Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kanwil VI PT Pegadaian ( Persero)

MAKASSAR, Linisiar.id – PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah VI Makassar menargetkan untuk menyalurkan pembiayaan sebesar Rp19.7 Trilun di Tahun 2020. Penyauran pembiayaan itu terterdiri dari pembiyaaan Gadai sebesar Rp16,9 Triliun dan pembiyaan mikro sebesar Rp2.8 Triliun.

Angka ini naik sebesar 17,23% dari realisasi tahun 2019 sebesar Rp16,7 triliun.

Pemimpin Wilayah VI Makassar, Alim Sutiono optimis dapat menyalurkan pembiayaan tersebut. “Tahun ini kita telah melakukan kerjasama dengan puluhan perusahaan dan Lembaga terkait dengan penyaluran produk-produk Pegadaian, potensi pasar masih sangat besar disana” ujarnya.


Selain itu, tahun ini Pegadaian juga meluncurkan produk baru yang diberi nama Arrum Safar yaitu produk pembiayaan berdasarkan prinsip Syariah untuk memfasilitasi masyarakat melaksanakan ibadah umrah.

“kami optimis produk ini akan diminati masyarakat apalagi kita ketahui Bersama bahwa masyarakat sulsel sangat antusias melaksanakan ibadah umroh,” ungkap Alim.

Selain gencar mengembankan produk baru , Pegadaian juga terus meningkatkan channel penjualan melalui Agen Pegadaian dan Pegadaian Digital. Jumlah Agen Pegadaian tahun 2019 mencapai 1.017 agen dan tahun ini Pegadaian berencana menambah agen hingga mencapai 1.500 dengan target penyaluran pembiyaan sebesar Rp400 Milyar.

Untuk diketahui, Agen Pegadaian adalah masyarakat baik perorangan maupun badan usaha yang diberikan hak untuk memasarkan Produk-produk Pegadaian. Selama tahun 2019 total penyaluran pembiyaan melalui agen mencapai Rp398 Milyar, sementara fee yang diberikan kepada Agen Pegadaian mencapai Rp 2 Milyar.

Dari sisi Pegadaian Digital, user nya telah mencapai 101.000 nasabah, dengan total transaksi mencapai Rp 67,8 Miliyar. Pegadaian Digital memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bertransaksi produk pegadaian, dimana nasabah tidak perlu mendatangi outlet pegadaian cukup melakukan nya via smartphone. “pengguna Pegadaian Digital sebagian besar adalah millennial, hal ini karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan sehingga sesuai dengan kebutuhan kaum millenal” tutur Alim Sutiono.

Layanan Pegadaian yang dapat diakses melalui Pegadaian Digital seperti pembayaran transaksi, jual dan beli emas, pembukaan tabungan emas, dan pengajuan pembiayaan.
Kinerja 2019

kinerja tahun 2019 Pegadaian Kantor Wilayah VI Makassar cukup cemerlang. Outstanding loan tumbuh 30.01% (year on Year) di angka Rp6 trilum. Sementara nasabah aktif mencapai 1.5 juta orang. Laba bersih juga terealisasi sebesar Rp791,5 Milyar.

Sementara itu, Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kanwil VI PT Pegadaian ( Persero) Muh Idris Mappakaya Syar didampingi Kahar Karun Kalla, Kepala Seksi PKBL & CSR Kanwil VI PT Pegadaian (Persero), dalam konfrensi persnya mengungkapkan secara umum kinerja Pegadaian Kanwil VI di 2019 cukup cemerlang.

“Kinerja kami di tahun 2019 cukup cemerlang. Outstanding loan tumbuh 30.01 year on Year di angka Rp6 trilun. Sementara nasabah aktif mencapai 1.5 juta orang dengan laba bersih juga terealisasi sebesar Rp791,5 miliar,” pungkasnya.