Menang 3-1 Atas PSM, Kalteng Putra Tetap di Zona Degradasi

Foto Pachemindstore/ linisiar.id

Linisiar.id – Kalteng Putra melengkapi status PSM Makassar tidak pernah menang tandang, setelah berhasil mengalahkan Tim Juku Eja dengan skor 3-1 di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, pada laga tunda pekan ke-10 Liga 1 2019, Minggu (10/11/2019). Gol Kalteng Putra dicetak masing-masing oleh Elthon Maran, Eydison dan Takuya Matsunaga, sedangkan PSM Makassar hanya bisa membalas melalui gol Aji Kurniawan yang menggantikan Zulham Zamrun.

Kalteng Putra unggul ketika laga memasuki menit kelima. Berawal dari tendangan bebas I Gede Sukadana yang dimanfaatkan dengan baik oleh Elthon Maran ke gawang Rivky Mokodompit.

Kalteng Putra menggandakan keunggulan pada menit ke-23. Umpan terobosan dari Takuya Matsunaga dapat dimaksilkan Eydison yang lolos dari jebakan offside.


Eydison mengecoh kiper PSM dan melepaskan tendangan ke arah gawang tanpa halangan. Kalteng Putra memimpin dua gol atas PSM.

Pada menit ke-30, Yohanes Pahabol mencoba peruntungan dengan mengeksekusi tendangan bebas dari luar kotak. Namun, bola hasil tendangannya masih menyamping dari gawang PSM.

Tim tamu mendapat peluang pertamanya pada menit ke-33. Aji Kurniawan yang menggantikan Zulham Zamrun, melepaskan tendangan dari dalam kotak, tetapi bola masih menyamping dari gawang Kalteng Putra.

Pada menit ke-39, PSM menipisikan selisih gol melalui aksi Aji Kurniawan. Pemain bernomor punggung 71 itu mengecoh bek Kalteng Putra dan melepaskan tendangan keras ke gawang Kalteng Putra tanpa bisa dihalau Reky Rahayu.

Paruh pertama laga antara Kalteng Putra dan PSM Makassar berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

BABAK KEDUA

Juku Eja mencoba segalanya untuk menyamakan angka di babak kedua, Kalezic kembali melakukan perubahan dengan memasukkan Rasyid. Tetapi usaha yang dilakukan belum cukup membuahkan pelaung bersih.

Kalteng sendiri berulang kali melancarkan serangan balik berbahaya melalui Pahabol dan Eydison yang memiliki keunggulan dalam hal melewati lawan. Tetapi barisan belakang tim tamu semakin tangguh dengan tekel-tekel krusial.

Tetapi ketangguhan tersebut runtuh di menit 83 lewat aksi Takuya. Tembakan jarak jauh gelandang asal Jepang ini gagal dihentikan Rivky yang keluar dari posisinya.

Keinginan mencetak gol justru membuat barisan belakang PSM semakin rapuh. Beruntung Rivky masih mampu menjaga fokusnya meski kemenangan masih tetap menjadi milik tuan rumah.

Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic mengakui tidak memulai pertandingan yang cukup baik, sehingga anak asuhnya kehilangan pertandingan di 20 menit awal pertandingan. “Kita tidak memulai pertandingan seperti yang kita inginkan, dengan membuat pelanggaran percuma di awal pertandingan. Sehingga di 20 menit pertama kita kemasukan 2 gol. Olehnya itu kita kesulitan untuk kembali dipertandingan,” Ungkap Darije saat jumpa pers usai pertandingan.

SUSUNAN PEMAIN

Kalteng Putra: Reky Rahayu; Kevin Gomes, Wasiyat Abdullah, Rafael Bonfim, I Gede Sukadana, Takuya Matsunaga, Abdul Abanda Rahman, Pandi Lestaluhu, Elthon Maran, Ferinando Pahabol, Eydison Soares.

PSM Makassar : Rivky Mokodompit; Beny Wahyudi, Aaron Evans, Hasyim Kipuw, Taufik Hidayat, Rizky Pellu, Raphael Maitimo, Marc Klok, M. Rizky Eka Pratama, Amido Balde, Zulham Zamrun.