Masyarakat Keluhkan Pelayanan Instansi Pemerintah ke Ketua Komisi A

MAKASSAR, Linisiar.id – Reses Ketua Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan, Supratman mendapatkan keluhan dari masyarakat terkait pelayanan masyarakat di beberapa instansi.

Beberapa instansi pemerintahan dianggap tidak melakukan pelayanan dengan baik. Misalnya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinas Capil) Kota Makassar, puskesmas, rumah sakit dan lainnya.

Dalam hal ini, kantor Dukcapil sudah tidak mampu lagi menampung seluruh administrasi kependudukan masyarakat Kota Makassar. Dimana jumlah yang akan dilayani lebih banyak dari jumlah pelayannya.


“Masyarakat harus mengantri dan menunggu berjam-jam untuk mengurus berkas-berkas kependudukannya,” kata Supratman, Rabu (6/11).

Olehhnya itu, Supra menegaskan diperlukan solusi dalam menanganinya. Seharusnya, untuk pelayanan kependudukan dan catatan sipil dialihkan ke masing-masing kecamatan untuk mempermudah masyarakat sehingga tidak ada lagi persoalan berdesak-berdesakan, dan antrian panjang.

“Ada baiknya jika dukcapil menempatkan pegawainya di masing-masing kecamatan. Sisa memperagakan fasilitas yang baik dan layak di tempat tersebut,” jelasnya.

Selain itu masalah kesehatan juga menjadi sorotan masyarakat, iuran BPJS yang naik dua kali lipat dinilai menyengsarakan. Masyarakat berharap anggota DPRD bisa menyuarakan keluhan tersebut di legislatif.

“Mereka juga menginginkan adanya perbaikan infrastruktur jalan serta drainase untuk mentisipasi terjadinya banjir di musim penghujan. (*)