Luwu Timur Raih Penghargaan Kabupaten-Kota Sehat  

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, didampingi istrinya yang juga Ketua Forum KKS Luwu Timur, dr Ani Nurbani di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

JAKARTA, Linisiar.id –  Kabupaten Luwu Timur berhasil meraih penghargaan tertinggi Kabupaten-Kota Sehat (KKS), Swasti Saba Wiwerda. Daerah tersebut dinilai telah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Mendagri dan Menkes Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Penghargaan diberikan langsung Mendagri Tito Karnavian dan Menkes Terawan Agus Putranto, kepada Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, didampingi Ketua Forum KKS Luwu Timur, Ani Nurbani di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Wabup Irwan Bachri dalam kesempatan itu menyatakan apresiasi kepada seluruh pengurus Forum KKS Lutim, mulai dari tingkat kabupaten hingga desa, atas kerja keras bersama hingga penghargaan tertinggi tersebut mampu diraih.


Ia menjelaskan, penyelenggaraan program ini melibatkan banyak sektor dan lintas program melalui tatanan dalam KKS.

Ada tujuh tatanan KKS, yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum; Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi; Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat; Kawasan Pariwisata Sehat; Kawasan Pangan dan Gizi; Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri; serta Kehidupan Sosial yang Sehat

“Setiap tahun genap, dilakukan verifikasi KKS tingkat provinsi. Sementara penghargaannya diberikan setiap tahun ganjil,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forum KKS Luwu Timur Ani Nurbani menjelaskan program KKS bertujuan agar tercapai kondisi kabupaten kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya.

Untuk itu, lanjutnya, berbagai program-program kesehatan dan sektor lain perlu terlaksana sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan rasa haru dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu atas pencapaian prestasi tersebut.

Menurutnya, banyak pihak yang telah terlibat selain para pengurus forum KKS. Di antaranya, para camat dan kepala desa se-Luwu Timur, RSUD Laga Ligo, PT Vale dan RS Awal Bros.

“Sekolah-sekolah dan Pusat-pusat Kesehatan Masyarakat juga memberi kontribusi positif untuk keberhasilan ini. Untuk itu saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya,” ujarnya. (*)