Laga Persebaya Vs PSM Dibatalkan

Foto Pachemindstore/ linisiar.id

Linisiar.id – Status laga Persebaya Surabaya vs PSM Makassar lanjutan pekan ke-26 Liga 1 2019 akhirnya mendapatkan kepastian dari operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Pertandingan Persebaya vs PSM Makassar yang sedianya digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu (2/11/2019) Hari ini. Namun, PT LIB akhirnya membatalkan laga tersebut.

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, Pengumuman itu dikeluarkan melalui surat nomor 430/LIB/XI/2019 yang ditandatangani oleh Direktur PT LIB, Dirk Soplanit, pada Jumat (1/11/2019). Melalui surat tersebut, Dirk Soplanit mengatakan bahwa PT LIB akan melakukan evaluasi terkait batalnya laga Persebaya vs PSM. “Bersama ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) menegaskan kembali bahwa LIB akan menunggu hasil laporan Match Commissioner serta tindak lanjut Komite Disiplin PSSI,” tulis Dirk Soplanit.


“Dalam mengambil keputusan terkait tidak terlaksananya pertandingan Liga 1 2019 antara Persebaya vs PSM Makassar yang sedianya dilaksanakan pada tanggal 2 November 2019,” tulisnya lebih lanjut.

Keputusan itu akhirnya diambil setelah ketidakjelasan status laga Persebaya vs PSM hingga sehari sebelum pertandingan. Permasalahan bermula ketika terjadi kericuhan pada laga Persebaya Surabaya vs PSS Sleman di Stadion GBT, Selasa (29/10/2019).

Oknum suporter Persebaya, Bonek, turun ke lapangan seusai laga untuk memprotes buruknya performa klub pada beberapa pekan terakhir. Para oknum juga merusak sejumlah fasilitas yang ada di Stadion GBT. Akibatnya, stadion tersebut tak bisa digunakan untuk menghadapi PSM pada pekan ke-26 Liga 1 2019.

Sebenarnya, Persebaya sudah menyiapkan venue lain yakni di Stadion Batakan, Balikpapan. Akan tetapi, pihak PSM menolak lantaran sudah telanjur berada di Kota Surabaya. Sulitnya penyelesaian sempat membuat PT LIB meminta bantuan PSSI.

Namun, PSSI memberikan mandat sepenuhnya kepada PT LIB untuk memutuskan selaku operator kompetisi. Karena itu, diputuskanlah bahwa laga Persebaya Surabaya vs PSM Makassar pada pekan ke-26 Liga 1 2019 resmi dibatalkan hingga waktu yang belum diketahui.