Kecamatan Rappocini Mulai Tata ‘Booth Kanrerong’

Booth Kanrerong di Jl Minasa Upa Raya, Kamis (31/10/2019).

MAKASSAR, Linisiar.id– Kecamatan Rappocini mulai menata pedagang kaki lima di wilayahnya dengan Booth Kanrerong. Booth Kanrerong yang sebelumnya berada di Lapangan Karebosi Makassar ditarik oleh Dinas Koperasi dan UKM Makassar dan diberikan ke Kecamatan Rappocini.

Setidaknya ada dua lokasi di wilayah Kecamatan Rappocini telah dipasang Booth Kanrerong. Diantaranya di Jl Sultan Alauddin (Depan Kampus UIN Alauddin Makassar) delapan booth dan di Jl Minasa Upa Raya (dekat Kantor Minasa Upa) empat booth.

Camat Rappocini, Dr. Hamri Haiya menjelaskan pemindahan booth bagian dari penataan dan pembinaan PKL di wilayahnya. Mereka yang sebelumnya berjualan dengan lapak tidak teratur dan menggunakan trotoar dan mengganggu hak pengguna jalan.


“Kita mundurkan ke belakang sehingga trotoar bisa kembali digunakan masyarakat,” kata Hamri, Kamis (31/10/2019).

Mantan Camat di Mariso ini berharap pedagang bisa menjaga booth/kedai yang diberikan dengan tidak merubah bentuk yang sudah diberikan.

“Dinas Koperasi berikan ke kami, karena ini bentuk perhatian pemerintah,” ucapnya.

Pantauan di lokasi, seperti di Jl Minasa Upa Raya, terlihat pedagang sudah mulai memanfaatkan booth untuk berjualan. Meski belum semua, karena booth-booth ini baru di pindahkan. Pemerintah Kecamatan Rappocini bakal memberikan perhatian agar lokasi-lokasi ini menjadi magnet masyarakat berbelanja.

Diketahui, Pj Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb sudah mewanti-wanti untuk melakukan perombakan Kanrerong yang berada di Jl R.A. Kartini (lingkungan Karebosi). Dimana jumlahnya yang padat dan relatih tidak maksimal sehingga dilakukan perombakan dengan menggeser beberapa booth kembali ke kecamatan. (*)