Hasil Audit BPKP, Pembangunan Stadion Barombong Dihentikan

MAKASSAR, Linisiar.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Inspektorat Sulsel memberhentikan pengerjaan Pembangunan Stadion Barombong untuk sementara waktu.

Plt Kepala Inspektorat Sulsel, Salim AR mengatakan penghentian sementara ini atas rekomendasi dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan atau BPKP Sulsel kepada Pemprov Sulsel. Salim menyebutkan bahwa pihaknya sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) telah meminta pihak pengelola stadion adalah Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel untuk tidak melanjutkan pembangunan untuk sementara.

Sementara itu, rekomendasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Selatan yang baru saja menyelesaikan proses audit pembangunan Stadion Barombong, Makassar menemukan dua persoalan mendasar yang menjadi kendala hingga pembangunan stadion ini belum juga rampung sepenuhnya.


“Yang pertama itu persoalan alas hak kepemilikan sebagian tanah atau lahan di (seputaran) stadion. Kemudian penyelesaikan konstruksi secara menyeluruh terhadap kondisi bangunan di stadion,” ungkap, Plt Kepala Inspektorat Sulsel, Salim AR dalam ekspos hasil audit BPKP di kantornya, Jalan AP Pettarani, Makassar, Jumat (28/06/2019).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel diminta untuk sesegera mungkin menyelesaikan dua hal mendasar yang menjadi temuan.

“Itu hasil audit BPKP. Jadi Pemprov Sulsel diharapkan dapat menyelesaikan dua hal itu. Supaya setelah dua poin ini diselesaikan, barulah BPKP berharap Pemprov untuk melanjutkan pembangunan stadion. Kasian ini bangunan (stadion) mangkrak,” ucap Salim.

Lebih lanjut Salim mengatakan, Pemprov Sulsel diberikan tenggang waktu sebelum 2020 untuk menyelesaikan dua persoalan itu. Sebab, jika tak terselesaikan hingga batas waktu habis, BPKP bisa saja menjadikan persoalan itu menjadi temuan yang berhujung ke ranah hukum.