Gowa Target Latihan Penanggulangan Bencana

GOWA, Linisiar.id – Kabupaten Gowa salah satu daerah di Sulsel yang rawan terjadi bencana alam banjir dan longsor. Kondisi ini bisa terjadi saat hujan deras khususnya wilayah-wilayah yang dilintasi sungai-sungai besar

Melihat adanya potensi tersebut, maka jajaran Komando Resort Militer 141 Toddopuli, Kodam XIV Hasanuddin menggelar Apel Kesiapan Latihan Penanggulangan Bencana Alam.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Gowa, H Muchlis bertindak sebagai Inspektur Upacara, memeriksa kesiapan setiap pasukan, terdiri dari tim gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Basarnas, BPBD, Tagana, dan Damkar, di Halaman Kantor Bupati Gowa, Selasa (19/11).


Muchlis mengatakan, pelaksanaan suatu penanggulangan bencana, setiap personil harus memiliki keterampilan sebagai unsur pelaksana dilapangan.

” Mengukur tingkat kesiapan dalam penanggulangan bencana maka kegiatan ini digelar agar penanganan, terutama terkait dengan penyelamatan korban dan pengungsi berjalan sesuai dengan protap yang ada,” kata Muchlis saat membacakan sambutan Korem 141 Toddopuli, Suwarno.

Selain itu, latihan ini dilaksanakan untuk melihat kesiapan personil menghadapi bencana yang semakin sulit diprediksi.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan personil mampu memantapkan peran dan kemampuan personil Korem 141 Toddopuli khususnya personel Kodim 1409 Gowa maupun instansi terkait,” ujar mantan Kepala Bappeda Gowa.

Ia juga mengingatkan kepada pihak penyelenggara agar pelaksanaan simulasi ini dilaksanakan dengan benar, perhatikan faktor keamanan baik personil maupun materil. Jika masih ada terdapat kekurangan segera dibenahi dan diarahkan sesuai ketentuan yang berlaku.