Diskominfo Kota Makassar : Wifi Gratis Belum Ada yang Bermasalah

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Makassar, Ichwan Jacub

MAKASSAR, Linisiar.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar meyakini hingga saat ini belum ada perangkat wifi gratisnya yang mengalami kerusakan.

Kepala Diskominfo Kota Makassar, Ichwan Jacob mengatakan, jika ada pengguna yang mengalami masalah, bisa saja hanya masalah jaringan.

Diskominfo sendiri telah menyebar wifi gratis di beberapa titik di Kota Makassar sejak 2018. Sudah ada 30 titik, termasuk di Pantai Losari, beberapa SMPN, dan beberapa puskesmas di Kota Makassar.


Keseluruhan ada 1,8 gbps disebar di 30 titik tersebut, dengan total anggaran pengadaan sebesar Rp3 miliar untuk semua perangkat wifi yang disediakan.

Walaupun belum mengecek secara langsung, namun dikatakan Ichwan hingga saat ini ke 30 titik tersebut harusnya tidak ada yang mengalami kerusakan. Karena ada acces point yang dipasang di masing-masing titik, sehingga hal itu juga bisa dipantau oleh Diskominfo.

Namun memang beberapa halangan jaringan memungkinkan terjadi. Sebagai contohnya, Ichwan mengatakan pembangunan tol layang di Jalan A.P. Pettarani bisa saja mempengaruhi.

Pembangunan tersebut memungkinkan untuk memutus beberapa kabel jaringan yang bisa menghalangi lajur jaringan itu sendiri.

Selain itu, banyaknya orang yang mengakses di satu acces point tentu bisa sangat mempengaruhi koneksi.

“Harusnya tidak ada yang rusak, karena ada acces point yang dipasang di tiap titik. Kalau pemakaian lambat mungkin iya, karena banyak yang akses,” ungkapnya.

Namun jika sebuah kendala terjadi pada perangkat wifi gratisnya, Ichwan mengatakan bisa langsung mengadukannya ke Call Centre 112.
Apapun kendalanya, Ichwan mengatakan pihaknya akan berusaha menyelesaikan masalah tersebut.

“Kalau memang ada masalah, kami berharap ada aduan dari masyarakat. Masyarakat bisa laporkan di 112 kalau ada wifi yang bermasalah. Setelah ini saya juga akan pantau langsung keadaan wifi gratis ini,” tandasnya. (*)