Dianiaya, Netizen Ragukan Foto Ratna Sarumpaet Bonyok Digebuki

Ratna Sarumpet

LINISIAR.ID – Foto wajah aktivis sosial Ratna Sarumpaet yang babak belur karena disebut-sebut dikeroyok orang tak dikenal di Bandung, Jawa Barat, viral di media-media sosial, Selasa (2/10/2018). Hanya saja, dari foto yang beredar, diragukan bila foto yang dimaksud memang Ratna.

Dugaan tersebut bergema di media-media sosial, setelah warganet di sosial media membandingkan foto Ratna yang sudah babak belur dan potret dia sebelumnya.

Dalam foto Ratna yang babak belur, terdapat tahi lalat di pipi kiri. Sementara di foto-foto Ratna Sarumpaet yang biasanya, tak ada tahi lalat tersebut.


“Bukan rsarumpaet, sangat berbeda, ” kata netizen @DelithaSonde.

“Sarumpaet sprt ini?? Yakiiinnn. Sdh benarkah di teliti poto nya. Ko beda amat. Hati2 yaaa” tulis @enylove2

Sementera pemilik akun @Toni_Rom63 sangat meragukan dan menganggap foto itu hoax. “Sepertinya hoax yg tdk sistematis … Klo betul udah gonjang ganjing bumi ini.”

Karena itu netizen @paradisemotai meminta pihak berwajib untuk memeriksa penyebar informasi tersebut. “@CCICPolri @DivHumas_Polri hoax pak? Kalo hoax mohon diperhatikan.”

Sementara anak pertama Ratna Sarumpaet, Mohammad Iqbal Alhady membenarkan adanya peristiwa pemukulan ibunya terjadi di Bandung, Jawa Barat. Saat itu, Iqbal mengungkapkan Ratna Sarumpaet ke Bandung seorang diri.

Iqbal mengakui sedih atas penyerangan dan pemukulan yang terjadi kepada ibunya. Hal itu dikatakan Iqbal saat ditemui awak media di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (2/10/2018).

“Ibu pergi ke Bandung sendiri. Sedih saya,” ujar Iqbal.

Iqbal mengklaim tak tahu kronologi pemukulan terhadap ibunya. Wajah Ratna Sarumpaet babak belur setelah dipukul.

Iqbal mengatakan, Ratna Sarumpaet tidak ada di rumah. Dia menduga Ratna Sarumpaet tengah berobat.

“Mungkin tadi pergi berobat dari siang. Kemungkinan nanti balik lagi. Saya baru bangun,” tambah Iqbal.

Sebenarnya Ratna Sarumpaet dipukul pada 21 September 2018 lalu. Namun baru tersebar ke media, Selasa (2/10/2018) hari ini.

Foto Ratna Sarumpaet babak belur tersebar dalam jejaring sosial Twitter. Seperti akun @ayuning_2 atau @wati_siswoyo kompak menyebut Ratna Sarumpaet saat ini berada di rumah sakit yang dirahasiakan. Bahkan, Ratna mengalami trauma berat akibat insiden ini.

“Ibu Ratna Sarumpaet dalam kondisi babak belur pagi ini, Rumah Sakit masih diRahasikan karena beliau masih dalam kondisi Trauma berat dipukuli beberapa Orang,” tulis @wati_siswoyo.