Bahas Tindak Pidana Korupsi, Hukum Unhas Hadirkan Wakil Ketua KPK

MAKASSAR, Linisiar.id – Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan kuliah umum dengan menghadirkan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan korupsi (KPK), Laode M. Syarif.

Kuliah umum yang bertema; Penegakkan Hukum Tindak Pidana Korupsi diadakan di Baruga Baharuddin Lopa, Kampus Unhas, Makassar, Senin (11/11/2019).

Menurut Laode, saat ini korupsi terjadi di tiga institusi trias politika, yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif. Ketiga lembaga yang kegiatan pemerintahan tersebut semuanya terjerat dalam perilaku korupsi.


Berdasar kasus-kasus yang telah terjadi, Laode mengungkapkan, bahwa ada pergeseran yang semula dari trias politica menjadi trias corruptica.

Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Hukum UNHAS, Muhammad Hasrul.

Dalam sambutannya, Hasrul mengungkapkan rasa syukurnya karena Wakil Ketua KPK telah menyisihkan waktunya untuk mengisi kuliah umum dan memberikan inspirasi kepada mahasiswa Fakultas Hukum Unhas.

“Ini satu kebahagiaan buat kita di fakultas, bahwa senior kita yang dipinjam oleh negara, di tengah-tengah kesibukannya masih bisa menyisipkan waktunya untuk fakultas,” kata Harul.

Kuliah umum yang dipandu Dosen Fakultas Hukum Unhas, Fajlurrahman Jurdi berlangsung khidmat. Peserta terlihat antusias mendengarkan pemaparan Komisioner KPK tersebut.

Laode M. Syarif dalam pemaparannya berharap bahwa kita ke depan harus meneladani  sikap dan karakter Baharuddin Lopa.

“Karena Almarhum Baharuddin Lopa menjadi teladan bangsa dalam penegakkan hukum,” katanya. (*)