Amati PBI APBD, DPRD Kendari Studi Banding ke Dinsos Makassar

Dinsos Makassar menerima sejumlah Legislator DPRD Kendari yang akan mencermati mekanisme PBI APBD bagi peserta BPJS Kesehatan di Makassar, Rabu (31/7/2019).

MAKASSAR, Linisiar.id – Sejumlah anggota DPRD Kota Kendari melakukan studi banding ke Dinas Sosial Kota Makassar, guna mengetahui mekanisme layanan pengumpulan JKN-KIS PBI (Penerima Bantuan Iuran) melalui dana APBD.

Rombongan dipimpin Ketua Komisi I, Sitti Nurhan Rachman, Wakil Ketua Komisi I, LA Tifu, dan Sekretaris Komisi II, Hasril.

Mereka diterima Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, diwakili Sekretaris Dinas, Asvira Anwar Kuba bersama Kepala Bidang PBJKS, Burhanuddin Ghalib di ruang rapat Kepala Dinas Sosial Makassar, Rabu (31/7/2019).


Asvira menjelaskan, kedatangan para legislator dari Kendari tersebut guna melihat bagai mana sistem yang diterapkan Dinas Sosial Makassar, dalam menangani peserta lama PBI BPJS Kesehatan yang telah dinonaktifkan namun masing menginginkan bantuan iuran dari pemerintah.

Menurutnya, peserta yang dinonaktifkan tapi merasa masih tidak sanggup membayarkan iuran bisa kembali mendaftarkan diri untuk mendapat bantuan. Caranya adalah melapor ke Dinas Sosial setempat agar menjadi peserta PBI APBD yang iurannya dijamin pemerintah daerah.

“Tentunya akan ada proses seleksi dari Dinas Sosial. Nah inilah yang ingin diamati rekan-rekan anggota Dewan dari Kendari. Mungkin sebagai perbndingan dengan apa yang mereka lakukan di sana,” jelasnya.